Jawaban Bupati dari Tiga Raperda, Begini Pendapat Fraksi-Fraksi DPRD Kepahiang

0

Kepahiang,Globalinvesindonews.com-Sidang Paripurna mendengarkan pendapat fraksi-fraksi DPRD kepahiang atas Jawaban Bupati dari Tiga Raperda yang diusulkan berlangsung dengan hikmat, Senin (22/03/21).

Sebagai juru bicara dari Fraksi Nasdem RM.Johanda,S.Pd memberikan pendapat tentang raperda dalam pengendalian minuman tradisional beralkohol.

Ia mengatakan, sangat mengapresiasi dari jawaban Bupati yang merespon untuk mengupayakan penindakan dan pengendalian Minuman Tuak yang mengandung zat Alkohol.

Karena demikian, Raperda ini dapat menekan peredaran minuman tuak dan produk yang mengandung zat adiktif guna menyelamatkan generasi muda.

“kami sangat mengapresiasi, karena Raperda ini dapat menekan peredaran minuman tuak yang mengandung Alkohol,” Sampai Johanda.

Selanjutnya ia megatakan, Raperda dapat dijelaskan dengan Undang-undang Nomor 15 tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 12 tahun 2011

tentang pembentukan peraturan perundangan pasal 58 ayat (2) sebagai mana disebut oleh Bupati.

Yang isinya menjelaskan, Pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsepsi Raperda Provinsi yang berasal dari Gubernur dilaksanakan oleh Pihak kementerian.

Selain itu juga, bisa dilaksanakan dari lembaga yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang pembentukan peraturan perundangan.

“pengharmonisasian konsepsi raperda provinsi yang berasal dari DPRD provinsi dikoordinasikan oleh alat kelengkapan DPRD provinsi yang khusus menangani bidang legislasi,” jelas Juanda.

“Karena demikian, artinya tidak disebutkan raperda yang berasal dari DPRD Provinsi dilaksanakan oleh kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan urusan pemerintahan,”sambung juanda.

Sehingga, dapat disimpulkan kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang Pembentukan Perda tidak mesti dilakukan untuk Raperda atas usul DPRD.

Baca Juga : Pendapat Bupati dari Tiga Raperda Kepahiang Atas Inisiatif DPRD

Selanjutnya Pendapat Fraksi-fraksi DPRD kepahiang, Partai Golkar GPPI terhadap Tiga raperda atas usul Prakarsa DPRD menyetujui pembahasan pada tingkat selanjutnya.

Sementara, Fraksi Golkar GPPI akan mencermati dan Pelajari dalam pembahasan bersama OPD, dengan melibatkan Masyarakat dalam penyelerasan pada peraturan perundangan.

sehingga Tiga Raperda yang akan dijadikan Perda tersebut dapat dipergunakan sebagaimana mestinya Demi mewujudkan Kabupaten Kepahiang yang Maju.

“Fraksi Golkar GPPI konsisten dalam membahas Raperda atas usul prakarsa DPRD dengan memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin,”Sampai Hendri,A.Md.

Selanjutnya Fraksi Kebangkitan Bangsa disampaikan Juru bicara Hj.Dwi Pratiwi Nur Indah Sari, menjelaskan hal-hal yang menjadi catatan Bupati Kepahiang.

Oleh karena itu, berkenaan dengan harmonisasi Raperda yang telah dikoordinasikan kepada kantor wilayah kementerian hukum dan ham di Bengkulu.

“Berdasarkan kesimpulan diatas, Fraksi Kebangkitan Bangsa siap melanjutkan pembahasan Tiga Raperda atas usul prakarsa DPRD kabupaten kepahiang,”sampai Hj.Dwi Pratiwi Nur Indah Sari.

Selanjutnya, disampaikan Ketua Fraksi Nanto Usni, bahwa mengenai pendapat Bupati tentang Raperda diharmonisasikan kekantor wilayah hukum dan HAM Bengkulu.

Berdasarkan Pasal 58 Undang-undang Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundangan.

“Tiga Raperda ini,berdasarkan pasal 58 ayat (1) Undang-undang Nomor 15 tahun 2019 dilaksanakan DPRD yaitu Bapemperda”, Jelas Nanto Usni.

Ditambahkan Nanto Usni, Tiga Raperda atas usul Prakarsa DPRD yaitu Raperda pengendalian minuman tuak (minuman tradisionl beralkohol) dan produk yang mengandung Zat Adiktif.

Raperda tentang Kepemudaan dan Raperda tentang pengelolaan pasar rakyat telah dilakukan pengharmonisasian oleh Bapemperda DPRD kabupaten Kepahiang.

“Dengan penjelasan diatas kami fraksi Demokrat Hati Nurani setuju untuk tiga raperda atas usul prakarsa DPRD dibahas pada tingkat selanjutnya,” Pungkas Nanto Usni.(ADV)

Sumber Informasi : Humas DPRD Kepahiang

Editorial : Syahril Inanda

Copyright © 2021. Designed by GlobalInvesindoNews.com

Share.

About Author

Leave A Reply

%d bloggers like this: