Tahap II Surveilent TIM BAN-PT Di IAIN Curup

0

Global I News.Com,Rejang Lebong – Jum’at (12/04/2019) Bertepatan Di Ruang Aula Direktorat, IAIN Curup sambut Empat Tim Asesor Surveilen Akreditasi Perguruan Tinggi (AIPT) Dari BAN-PT Dalam Rangka Surveilen Lanjutan Dari Asesment Untuk Mengajukan Surat Keputusan Akreditasi Fakultas IAIN Dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Empat Tim Asesor Tersebut Diwakili oleh  Prof.T.Basarudin, M.Sc.,Ph.D. ,Prof.Dr.Sarwiji Suwandi, M.Pd ,Dr.Atiyatul Ulya, MA. Dr.Asaril Muhjir, M.Ag. Dr.Swasono Raharjo, M.Si,  Acara Tersebut Dihadiri Para Rektor dan Wakil Rektor IAIN,Perangkat Rektor Bidang Adminitrasi,Eselon II,III, IV,Mahasiswa , Beserta Para Civitas Dan Pimpinan Lainnya.

Pada Forum Acara Tersebut Tim Asesor Dari BAN-PT Disambut Dengan Tarian Khas Tradisi Rejang Lebong Yang Dibawakan oleh Segenap Mahasiswi IAIN Curup, Dengan Memberikan Sekapur Sirih Kepada Empat Tim Asesor Tersebut  Untuk Dicicipi Sebagai Tanda Simbol Penghormatan Kedatangan Mereka.Sebelum Acara Dimulai Segenap Tim Asesor Berseta Pejabat Diruang Lingkup IAIN Dan Undangan Yang Hadir Menyanyikan Lagu Wajib Indonesia Raya Dan Dilanjutkan Dengan Topik Acara.

Dalam Sambutan Rektor IAIN Curup Dr.Rahmad Hidayat, M.Ag Mengemukakan Tentang Sejarah IAIN Curup Yang Lahir Melewati Sejarah Yang Cukup Panjang,Mulanya Dari Fakultas Syari’ah Raden Patah Curup cabang Dari IAIN Raden Patah  Palembang.Pada Tanggal 21 Oktober 1962 Gagasan Tersebut Dibentuklah Panitia Untuk Persiapan Mendirikan Fakuoltas Syari’ah IAIN Yang Terdiri Dari Susunan Panitia Ketua I,Ketua II, Sekretaris I Bendahara Dan Seksi-seksi. “ungkap Rahmat Hidayat”

Lanjut,Pada TH 1964 Beredar Surat Keputusan Surat Dari Menteri Agama RI No.86 Fakultas Ushuluddin Status Swasta Berubah Menjadi Fakultas Negeri,Mengingat Sejarah Yang Sangat Panjang Seiring Dengan Perkembangan Era Globalisasi Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Patah Curup Berubah Menjadi Status STAIN Curup Perubahan Tersebut Dituangkan Dalam Keputusan Presiden No.11 TH 1997.STAIN Curup Terus Berkembang Dengan Berbagai Dukungan Baik Dari Dalam Civitas Akademika Maupun Dari Pihak Luar,Akhirnya Pada tanggal 05 April 2018 Ditanda Tangani Oleh Presiden RI No.24 Th 2018 Alih Status  Dari STAIN menuju IAIN Curup.”Jelasnya”

Disisi Lain,Rektor IAIN Curup Dr.Rahmad Hidayat,M.Ag Menghimbau “Kedepan Harapan Semua Kegiatan Di IAIN Harus Berbasisi Akreditasi, Mulai Dari Prodi Hingga Institusi  dan Dikuatkan Dengan Dokumen  Mulai Dari SPMI,SOP dan Dokumen Lainnya.Demikkian Unsur Lainnya Target IAIN Menjadi Yang Terbaik Yang Harus Memiliki Komstribusi Nyata Demi Untuk Mencapai Aklreditasi Yang Maksimal” Himbau Rektor.

Sementara Itu, Nara Sumber Tim Asesor Dari  BAN-PT Prof.T.Basarudin, M.Sc.,Ph.D.MenjelaskanProses Akreditasi Merupakan Proses dari BAN PT Apabila Institusi Mengalami Berubahan Bentuk Atau Status Maka SK dan Sertifikat Harus Kita sesuaikan Karena Mahasiswa Lulusannya nanti Membutuhkan Sertifikat dan Ijazahnya Harus Sesuai antara Lebel Yang Ada Di Ijazah Sesuai Dengan Lebel Di Sertifikat,

“Saya Yakin Lulusan Sejak April 2018 Itu Sudah Menggunakan Nama IAINDari Tindak Lanjut Untuk Akreditasi semuanya Ada Proses Dari Kementrian Dan Kemungkinan Dari sisi Keterlambatan untuk Akreditasi Kami Mohon Maaf. Kami Akan Merespon Bapak Ibu Sekalian Karena Ada Interview dan ada Juga Bincang Bincang Dari Berbagai Konserpasi Terhadap Semua Perangkat Di IAIN.Dan Segenap Tim Asesor Dari BAN PT Mengucapkan Selamat Atas Prestasi Naik Tingkat Stain Menjadi IAIN Curup Yang Patut Disyukuri Bersama Dan Semoga Perjalanan Proses Berikutnya Semakin Lebih Baik”Jelas Prof.basarudin BAN-PT.

Penulis : Seril

Editor : Ndx

Share.

About Author

Leave A Reply

%d bloggers like this: