IAIN Curup Sambut Meriah Kepala BPIP RI

0

Rejang Lebong, GlobalInvesindo- Rabu, (17/11/2021), Bertepatan di Aula IAIN Curup, kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D Hadir Dalam rangka Kuliah Umum bagi Civitas Akademika IAIN Curup.

Kegiatan tersebut, Sekaligus Penandatanganan Kerja sama Nota Kesepakatan Antara Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP RI, Dr.Bebi Siti Salma, M.Psi., M.Si. dengan Wakil Rektor I Bidang Pengembangan Kelembagaan IAIN Curup, melalui Via APK Zoom.

Selanjutnya, Penandatanganan prasasti secara simbolis serta pemukulan Gong dalam peresmian Rumah Pancasila oleh Bapak Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., hingga diiringi Tukar Menukar Cindra Mata dengan Rektor IAIN Curup.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Rejang lebong Atau yang mewakili, Ketua DPRD Rejang Lebong, unsur Forkopimda, perangkat Rektor Bidang Akademik, pejabat tinggi Pratama di lingkungan BPIP, Wakil Rektor, Dosen, Dekan dan mahasiswa.

Disampaikan Rektor IAIN Curup Dr. Rahmat Hidayat, M.Ag., M.Pd. Bahwa, Negara Kita ini adalah Negara yang besar, dilihat dari beberapa indikator luas Wilayah, dan luas negara yang ditandai banyaknya Pulau.

Para Pahlawan kita telah mewariskan yang sangat luar biasa kesatuannya, yaitu pancasila. Maka dari itu, kontribusi dan peran rakyat harus menjaga warisan-warisan Nilai leluhur Persatuan.

Peresmian Prasasti Rumah Pancasila

“Negara Kita, Adalah Negara yang besar dilihat dari Indikator luas wilayah. Maka dari itu, kontribusi kita dan peran kita harus menjaga nilai persatuan yaitu Pancasila,”sampai Rahmat.

Sehubungan dengan hal itu, IAIN Curup Merupakan Salah Satu organ Pemerintah yang ditugaskan untuk melaksanakan Pendidikan tinggi berbasis keislaman, tentunya juga berkontribusi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“IAIN Curup Merupakan Salah Satu organ Pemerintah yang ditugaskan untuk melaksanakan Pendidikan tinggi berbasis keislaman, tentunya juga berkontribusi terhadap Negara Indonesia,”Ungkap Rahmat.

Oleh Karena Itulah, Rahmat Hidayat menyampaikan terkait dengan nilai-nilai Pancasila dan Moderasi, “Jelas Rahmat dalam sambutannya sebelum Penandatanganan prasasti peresmian Rumah Pancasila.”

Tak hanya itu, IAIN Curup juga telah Menetapkan Visinya Menjadi Perguruan Tinggi Yang bermutu dalam pengembangan Ilmu pengetahuan berbasis Moderasi.

“Oleh sebab itulah, Kita juga telah mendirikan Rumah Moderasi, Yaitu Rumah Pancasila. dan kita juga telah membuat dan menetapkan satu desa menjadi ruang Laboratorium kita yang telah diresmikan,”Katanya.

Lebih jauh lagi Rahmat Hidayat Mengungkapkan, Akhir ini IAIN Curup telah menggunakan kurikulum dalam bentuk infusi nilai nilai pancasila dan nilai nilai moderasi.


Beberapa kegiatan yang sedang dilakukan termasuklah penandatanganan SPT yang akan kita dilaksanakan menunjukan bahwa IAIN Curup senantiasa berbuat demi menjaga nIlai Pancasila.

Kepala BPIP RI

Sementara itu, Kepala BPIP RI Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengatakan, Bahwa memperkuat agama di konteks islam merupakan Revolusi Islam yang benar. Karena, Pancasila sudah diakui secara Internasional dari Negara Khilafah.

Selain itu, Pancasila merupakan Revolusi kemenangan yang di sistemkan dari baginda Muhammad SAW dan Nabi Daud dalam kepimpinan umat Islam.

“memperkuat agama di konteks islam merupakan Revolusi Islam yang benar. Karena, Pancasila sudah diakui secara Internasional dari Negara Khilafah, yaitu sistem yang dibawa oleh Baginda Rasullullah,” kata Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A.

Penulis : Syahril Inanda

Copyright © 2019. Designed by GlobalInvesindoNews.com

Share.

About Author

Leave A Reply

%d bloggers like this: