Ayo Daftar! Fakultas Tarbiyah IAIN Curup Rencananya ada Program Studi PPG

0

Rejang Lebong,GlobalInvesindoNewsCom-Dalam rangka melaksanakan kerjasama dibidang informasi dan teknis pelaksanaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG), Rektor IAIN Curup Dr.Rahmad Hidayat, M.Ag., M.Pd beserta rombongan telah melaksanakan kunjungan ke Kampus Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa (02/03/2021).

foto rektor IAIN Curup di Universitas Negeri Padang, Kamis (25/02/2021)
Program Studi PPG, foto rektor IAIN Curup di Universitas Negeri Padang, Kamis (25/02/2021)

Kunjungan tersebut, merupakan salah satu bentuk kerja sama untuk menaungi bidang informasi dan teknis PPG yang nantinya akan menjadi salah satu Program studi PPG di IAIN Curup.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan calon guru/pendidik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus untuk menjadi guru yang profesional.

Dengan demikian, Pendidikan profesi seorang guru harus ditempuh selama 1-2 tahun. Namun, syaratnya setelah calon Guru lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan.

gedung Pusat Perpustakaan IAIN Curup
gedung Pusat Perpustakaan IAIN Curup

Diungkapkan Rektor IAIN Curup Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag., M.Pd, bahwa akan ada keberkahan bagi IAIN Curup, Karena salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam (PTKIN) yang telah mendapat kesempatan untuk membuka program studi pendidikan profesi guru.

“mudah-mudahan menjadi keberkahan bagi IAIN Curup karena menjadi salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang mendapat kesempatan untuk membuka program studi pendidikan profesi guru,” ungkap Rahmad.

Lebih lanjut Rektor IAIN menjelaskan, Program Studi PPG saat ini telah masuk dalam tahapan verifikasi, singkatnya dalam waktu dekat Surat Keputusan Prodi tersebut akan segera dikantongi.

Oleh karena itu, proses kerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP), tentu saja untuk mempercepat kesiapan membuka program studi PPG di IAIN Curup.

“Alhamdulillah kita telah masuk tahapan verifikasi, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat SK Izin pembukaan program studi PPG kita peroleh. sehingga prodi PPG ini dapat segera dibuka,”kata Rahmat.

IAIN Curup
Fakultas Tarbiyah IAIN Curup Rencananya ada Program Studi PPG

Sementara itu, Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr.H. Beni Azwar, M.Pd.,Kons menjelaskan, untuk program studi PPG yang akan dibuka nantinya akan berbeda dengan program PPG yang selama ini dilaksanakan oleh Kementerian Agama.

Sehubungan dengan demikian, Program PPG yang akan di buka ini berbentuk program studi yang kedudukannya sama dengan program studi yang lain, dan akan ditempatkan di Fakultas Tarbiyah, Karena harus segera mempersiapkan Program Studi PPG ini.

Baca Juga : IAIN Curup Gelar Peringatan Isra Mi’raj Pada Momentum Dies Natalis Ke-1

Program Studi PPG yang akan dibuka nantinya akan berbeda dengan program PPG di Kementerian Agama dan ditempatkan di Fakultas Tarbiyah,”ungkap Beni.

Selain itu, akan dilakukanlah komunikasi ke PTKIN yang ada di sekitar IAIN Curup untuk melakukan penjajakan kerjasama terkait informasi pengelolaan prodi PPG,Namun ternyata belum ada PTKIN yang melaksanakan program PPG dalam bentuk prodi.

Lebih jauh lagi Benih Menyatakan,“kita mencari Universitas di luar PTKIN untuk mengadakan kerjasama itu, dan ternyata UNP merupakan salah satu universitas yang sukses menjalankan program studi PPG, terbukti UNP telah membuka 26 prodi PPG. Makanya itulah rasionalisasi mengapa kita melaksanakan kunjungan ke UNP untuk menjalin kerjasama informasi pengelolaan prodi PPG.”

Hal senada juga disampaikan Dekan Tarbiyah, Dr. Ifnaldi Nurmal, M. Pd. Bahwa Fakultas Tarbiyah pada prinsipnya siap melaksanakan program studi PPG.

Oleh sebab itu,untuk memantapkan persiapan harus melakukan kunjungan ke UNP, guna mencari informasi mengenai regulasi, teknis perkuliahan, pengelolaan, sistem, aturan-aturan,dan  naskah akademik hingga fasilitas harus dipersiapkan.

“Jika SK izin pelaksanaan program studi telah kita peroleh, Insya Allah bulan September 2021 kita mulai membuka pendaftaran. Oleh karena itu dalam waktu dekat kita akan menyampaikan informasi ke masyarakat, bahwa Fakultas Tarbiyah IAIN Curup akan dibuka prodi PPG PAI.” (Humas IAIN)

Sumber Informasi : Humas IAIN Curup

Editorial   :  Syahril Inanda

Copyright © 2019. Designed by GlobalInvesindoNews.com.

Share.

About Author

Leave A Reply

%d bloggers like this: