Diseminasi Kanal Youtube kuatkan Pembelajaran Daring Bagi Siswa

0

Kepahiang, Global InvesindoNews.com- Dimasa Pandemi 2021, Dikbud Kepahiang menggelar launcing diseminasi Kanal Youtube di Aula Dinas Pendidikan, Senin (03/05/2021).

Demikian dikatakan Kepala DISDIKBUD Dr.Hartono, M.Pd, bahwa diseminasi kanal Youtube diluncurkan untuk menguatkan pendidikan berkarakter bagi pelajar tingkat SD, SMP.

Karena demikian, selama ini metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) dinilai masi kurang efektif dalam menguatkan karakter pendidikan belajar bagi siswa.

“PPJ dinilai masih kurang Efektif.Maka, Dengan pembelajaran melalui Kanal Youtube, siswa dapat belajar dengan baik dalam menguatkan pendidikan berkarakter,”Jelas Tono.

Terlebih lagi, kelebihannya bisa didownload dan siswa dapat belajar secara Ofline yang dapat diunggah pada setiap masing-masing perangkat handpond seluler.

“Guru bisa merekam dan menerangkan melalui youtube sehingga siswa nantinya bisa mengunggah Video dari situs yang telah disediakan,” ungkap Tono.

Hal senada disampaikan Nining Fawely Pasju, bahawa aplikasi video melalui Youtube sangat baik bagi siswa dalam meningkatkan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19.

“aplikasi Youtube ini sangat ideal baik bagi siswa dalam meningkatkan metode pembelajaran di tengah pandemi Covid-19,” kata Nining.

Karena demikian, guruh bisa menerangkan pembelajaran melalui akun di video Youtube dan dikirim kepada siswa melalui group Whatsapp ataupun link Lainnya.

“setelah video itu selesai dibuat, guruh bisa memberikan link videonya dengan siswa sehingga mereka bisa belajar dengan ofline tanpa menggunakan jaringan Internet,”terangnya.

Baca Juga : Kelebihan Menggunakan Aplikasi Youtube dalam membuat Video

“Pandemi ini sudah satu tahun lebih. Mayoritas sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh. Tentu saja ini banyak dikeluhkan dan juga kurang efektif,”ungkapnya.

“Dari kondisi inilah muncul gagas saya agar pendidikan karakter anak, khususnya siswa tingkat SD dan SMP tetap bisa dilakukan. Caranya dengan membuat channel Youtube, tentu dengan konten yang sesuai dengan penguatan pendidikan karakter anak,” terang Nining.


Agar mudah dipahami, lanjutnya, konten Youtube yang diunggah ke kanal Youtube Dinas Dikbud adalah video pendidikan dengan menampilkan animasi dan materi yang menarik lainnya.


“Kontennya kita buat dalam bentuk animasi, karena ini menarik dan pesan pendidikan karakternya akan mudah tersampaikan. Setiap sekolah akan kita minta mengirim video terbaik mereka dan akan diunggah di kanal Youtube kita (Dinas Dikbud),” imbuhnya.

Penulis : Syahril Inanda

Copyright © 2021. Designed by GlobalInvesindoNews.com

Share.

About Author

Leave A Reply

%d bloggers like this: