Antisipasi Pemerintah Kepahiang Dari Dampak Covid-19 terhadap Ekonomi Masyarakat

0

Kepahiang,GlobalInvesindoNews.com-Kabupaten Kepahiang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Bengkulu. Pada saat tengah pandemi ini, pemerintah Kabupaten Kepahiang meluncurkan Program penanaman Ubi Jalar yang menggambarkan antisipasi kebutuhan Pokok Masyarakat.

Penanaman Ubi Jalar tersebut, melukiskan bentuk kepedulian Pemerintah daerah terhadap Masyarakat dari dampak wabah Virus Covid-19. Hingga saat sekarang ini, pencapaian kinerja pemerintah Kabupaten kepahiang terlihat jelas untuk mewujudkan kabupaten maju, mandiri dan sejahterah.

Bertepatan di Desa Tangsi Duren, Bupati Kabupaten kepahiang Dr.Ir.Hidayatullah Sjahid, M.M. Beserta Rombongan TP-PKK melaksanakan kegiatan sektor Pertanian pada program Pengendalian dan Ketahanan Pangan dengan menanam ubi jalar, Saptu (06/06/20).

Dalam sambutan Bupati Kabupaten Kepahiang Dr.Ir.Hidayatullah Sjahid, M.M. mengatakan, program pengendalian ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat guna mengantisifasi kebutuhan pokok ditengah pandemi.

Baca Juga : Tanggapan Bupati Atas Usul Dua Raperda DPRD Kepahiang

Bupati Kepahiang Bersama Ketua TP-PKK menanam Ubi jalar yang di laksanakan secara Simboli
Bupati Kepahiang Bersama Ketua TP-PKK menanam Ubi jalar yang di laksanakan secara Simboli

Selain itu juga, dengan pemanfaatan lahan pertanian ratusan Hektar ini alhasil panen nantinya akan dibagikan kepada masyarakat.oleh karena itu, pemerintah juga berharap kepada kelompok Tani supaya bisa menggarap dengan sebaik mungkin dan alhasil panen kuotanya akan dibagikan sekitar 60 persen.

“kita akan manfaatkan lahan pertanian pada Program pengendalian ini, dengan menanam ubi jalar alhasil pada panennya nanti kita bagikan kepada masyarakat dan bagi penggarap lahan tersebut kuotanya akan diberikan berkisar 60 persen,”Jelas Bupati.

Lebih jauh Bupati mengungkapkan, selain penanaman Ubi Jalar ini ada jenis tanaman pokok lain yang akan di ditanam seperti tanaman Jagung, Padi, dan Jenis Ubi lainnya.upaya ini, diharapkan dengan adanya ke-gotong royongan terhadap masyarakat terutama bagi anggota Kelompok Tani.

Dengan Demikian, Pemanfaatan Lahan Pertanian bisa dimanfaatkan dengan baik untuk dijadikan sumber hasil panen yang maksimal hingga nantinya akan menjadi acuan pemerintah untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat kepahiang bagi yang terdampak Covid.

“sebagai penggarap lahan pemerintah akan bekerja sama dengan Poktan Tansi Duren, Alhasil panen akan diberikan kepada Masyarakat yang terdampak Covid,”Sambung Bupati.

Sementara itu, Pemerintah daerah Kabupten Kepahiang saat ini telah mempersiapkan bahan sandang,papan,dan pangan untuk kebutuhan masyarakat dari dampak Covid yang melanda perekonomian masyarakat.

Dengan Demikian, berjalannya program pengendalian tersebut Pemerintah bisa membantu masyarakat dengan lebih efektif lagi apabila memang terjadi krisis ekonomi yang menyulitkan mata pencarian Masyarakat akibat dampak Covid-19.

Penulis : Seril Inanda

Edior : Berno

 

Share.

About Author

Leave A Reply

%d bloggers like this: